Email Pembaca: Pilihan Diantara Dua Saudara Kawasaki Z.. Z250FI atau Z250SL?


Z250SL

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kawasaki di Indonesia memiliki 2 berkode Z di kelas 250 cc, Z250FI 2 silinder dan Z250SL si silinder jomblo..

Cukup banyak email yang masuk meminta saran dalam memilih motor, dari yang gak jelas tujuannya beli motor itu apa yang dicari, hingga lengkap seperti Om Danang ini.. So, maaf kalau tidak semua email yang masuk dapat KBY jadikan artikel ya..

Salam kenal kang Kobay,

Saya Danang tinggal di Bekasi, dan kerja di Jakarta.

Saya berencana menganti motor harian dengan Z250. Tetapi harga Z250SL ABS baru dengan diskon yang lumayan menggoda iman saya hehe..

Saat ini saya menggunakan motor Kawasaki D’Tracker 150 hampir setahun. Sebelumnya memakai Honda Beat selama 3 tahun. Sewaktu jaman sekolahan menggunakan Yamaha RX-King, Suzuki TS dan Honda Tiger bareng-bareng dengan adik-adik saya.

Pengalaman memakai D’Tracker 150 saya puas dengan suspensi dan handlingnya, tetapi top speednya sama seperti Beat tidak bisa melebihi 100km/h kecuali jalannya menurun. Dan lebar stangnya menghambat untuk selap-selip diantara kendaraan di jalan. Kalau motor Beat, RX-King dan Tiger masih bisa di ajak selap-selip di jalan dengan efektif dalam kondisi macet apalagi lancar.

Jaman saya menggunakan RX-King saya puas dengan performanya dan sangat menikmati sensasi ridingnya. Sekarang saya ingin memiliki motor yang fun dengan performa yang memuaskan dalam bentuk motor 4tak 250cc.

Setahu saya Z250FI lebih powerful di RPM tinggi, sedangkan Z250SL lebih powerful di RPM rendah dan sedang.

Kang Kobay sebagai ex-owner Z250FI dan pernah test ride Z250SL mohon masukan dan sarannya motor 4tak 250cc mana yang paling fun dan memuaskan di gunakan harian? Z250 atau Z250SL?

Terimakasih dan Salam,

Danang

KBY beruntung pernah memiliki Kawasaki Z250FI selama setahun lebih, sehingga masih hapal karakternya.. Sementara untuk Kawasaki Z250SL, KBY sudah pernah melakukan test ride singkat milik Mang Eno Anderson.. Mana yang sesuai keinginan dari mang Danang ini? Fun dan memuaskan digunakan harian?

Z250 FI

Langsung saja ya mang Danang, bicara fun, Z250FI yang memiliki 2 silinder gada lawan, dapet semuanya, tenaga dan suara.. Bohong lah kalau gak mah hehehe.. Hanya kalau bicara tarikan alias respon untuk trek trek pendek alias akselerasi, Z250SL yang 1 silinder lebih responsif dan galak..

Bersama Kawasaki Z250SL tak perlu banyak puntir gas atau memainkan RPM untuk mendapatkan torsi di putaran rendah seperti yang harus dilakukan oleh Kawasaki Z250FI.. Dengan hanya memuntir gas sedikit, artinya kinerja tangan kanan pun lebih sedikit, singkat kata, gak gampang capek..

Z250SL

Kemudian soal kelincahan, tentu dengan bodi yang lebih ringkas dan bobot yang lebih ringan, Kawasaki Z250SL lebih lincah untuk meliak liuk di kepadatan lalu lintas dibandingkan sang kakak, Z250FI.

Namun ketika dibenturkan dari sisi desain alias penampilan, Z250SL lebih seperti motor custom alias modifikasian 😀 Headlamp single, tangki kecil, untungnya terbantu oleh sasis berwarna merah yang enak dilihat. Sementara sang kakak Z250FI moge look -nya lebih menonjol, apalagi headlampnya mirip dengan Z800.. Kualitas material dan cat pun lebih baik dari SL..

Z250

Lalu mana yang harus dipilih? Kalau dana cukup, KBY sih pilih Z250FI, soal kelincahan dan tenaga itu hanya masalah adaptasi dari rider saja, di jalan KBY seringkali lihat rider Ninja 250FI/ karbu tak kalah lincahnya dengan NMax/ PCX dalam mencari celah di kemacetan tuh hehee..

Hanya perlu diingat, nambah 1 silinder artinya nambah biaya perawatan, baik dari sisi jumlah pelumas hingga jumlah bbm… Semoga membantu..

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di email pembaca, Kawasaki dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

56 Balasan ke Email Pembaca: Pilihan Diantara Dua Saudara Kawasaki Z.. Z250FI atau Z250SL?

  1. rifz berkata:

    kenapa gak mt25, atau kalau puas dengan handling d tracker, duke 250 bisa jadi pilihan juga

    Disukai oleh 1 orang

  2. Azis Karim berkata:

    Berarti miara Z250FI kayak miara dua motor ya Mang ?

    Suka

  3. bejoselamet berkata:

    dtracker sama SL basis mesinnya sama kayaknya ya oom?

    Suka

  4. John_Hendy berkata:

    Yamaha mt25 tok

    Suka

  5. tiyawann berkata:

    Geber yuk lads

    Suka

  6. warungasep berkata:

    Jupiter Z aja

    Suka

  7. enoanderson berkata:

    MT25 lah….

    Suka

  8. fahd berkata:

    z250 sl lah mantap, saya juga rencana mau beli, karena body nya simple enak dipakai harian, rpm rendah tenaga dapat, z250fi moge look tapi terlalu bongsor dan lampunya kurang sreg #opinisaya, saya waktu kuliah pake satria hiu 2 tak, fu150, tahun lalu vario 150 (masa larinya cuma 110km, padahal belinya mahal), sekarang karisma (lagy bangkrut om),, Insya Allah kalo tahun depan ada rezeki mau beli z250sl… amin

    Suka

  9. andi berkata:

    Saya juga lagi galau nih dengan Honda Airblade 125 atau Yamaha Nouvo Elegance. Bukan galau milihnya, tapi kapan dijual di Indonesia? Tidak cukupkah kelarisan NMAX menandai selera konsumen Indonesia sudah berubah?

    Suka

  10. maull berkata:

    Capa tu yg bonceng z250…?

    Suka

  11. HondaBoy berkata:

    Pilih Z250FI.. sensasi 2 silindernya tdk tergantikan, kalo mo upgrade ringan cukup main velg & ban plus knalpot udh dapet bgt moge looknya, perihal tambah biaya perawatan yaah so so laah.. namanya juga 2 silinder hehee…

    Suka

  12. fari.fairis berkata:

    pilih NMAX.. 😀

    Suka

  13. Kancut bodol berkata:

    Pilih MT 25 ajah.. hehehe

    Suka

  14. COCODOT berkata:

    Saya pilih jagur mang

    Suka

  15. handoyo25 berkata:

    MT-25 kagak masuk hitungan yak? 😀

    Suka

  16. Age Tampan berkata:

    MT-25 tuh ganas, kan dulu pernah pake rx king dan tiger, bawahnya sedap atasnya ngeri, biar diatas angin dikit,. jgn sampe motor 250 kalah sama motor 150 apalagi jenisnya bebek injection, malu dooong, 😀

    Suka

  17. Pam berkata:

    Kl sya ya mt25..hrga lbih bersahabat n power lebih ok..walau modelnya pas pasan modif gnti lmpu depan bulat keren jg..

    Suka

  18. sandaime berkata:

    250fi donk bro ngapain ngambil 250cc sensasi tanggung kayak z250sl mirip2 motor 150cc auranya, kalo yg 250fi kan jelas suara ga bisa bohong merdu euyy 2 silender power bengis
    intinya kalo udah kelas 250cc jgn nanggung2 :v

    Suka

  19. drone berkata:

    250fi donk bro ngapain ngambil 250cc sensasi tanggung kayak z250sl mirip2 motor 150cc auranya, kalo yg 250fi kan jelas suara ga bisa bohong merdu euyy 2 silender power bengis
    intinya kalo udah kelas 250cc jgn nanggung2 :v

    Suka

  20. Wilicandra berkata:

    ya MT-25 lah……

    Suka

  21. ara59 berkata:

    Zetto (Z250 twin cyl) kalo saya mah kang….

    Invalid IMEI dan cara restore nya

    Suka

  22. GHOST berkata:

    sonic aja

    JUARA loh di DYNO

    :v

    Suka

  23. mending Sonic bro,…

    DOHC DNA MotoGP, keturunan langsung RC213V Overstroke 6 speed. Powerloss di Dyno sedikit banget. Boreup 250cc bisa apa Z250Fi Std?

    :v

    Suka

  24. anonymous rider berkata:

    Klo mau sensasi thumper beneran mah KTM duke lah.. Udah paling asik buat begajulan. Kalo perlu ganti pake stang jepit biar makin langsing selap selip

    Suka

  25. ndesoedisi berkata:

    kalo dilihat sejarahnya, orangnya seneng motor yang berkarakter lincah (berkarakter loh ya, bukan lincah karena skill ridernya)..kayaknya Z250SL lebih pas 😆

    http://ndesoedisi.com/2016/03/22/impresi-singkat-tinggi-155-cm-naik-all-new-cbr-150-r-2016/

    Suka

  26. aganwidodo berkata:

    Kenapa mt25 gak masuk pilihan? Gak takut diserang cecunguk yg suka personal attack?

    Suka

  27. Rizal Iman F berkata:

    Udh Z250 aja. Moge look,twin silinder,headlamp sangar. Klo pake z250sl ntar disangka nva modif tralis 😀

    Suka

  28. CF110R berkata:

    Pilih z250fi tanpa sl
    Desain jelas, suara jelas, apalagi coba
    Kalo ada opsi merk lain MT25 lebih value ambil yg silver blue, josss

    Suka

  29. anton nugroho berkata:

    om danang ada rencana ganti knalpot gak? kalo gak, mending yang sl. lebih ringan dan lebih lincah.

    Suka

  30. froo berkata:

    Z250 stereo kapan ya nongol versi ABS nya 😦

    Suka

  31. bescorpio berkata:

    Z250 SL lincah gesit powerful pas di kemacetan Jakarta, lagian katanya harga lagi diskon (VIN 2014) Rp 10 juta (cash),,, harga jadi lebih masuk akal Rp 37,5 juta,,, hmmmm menggiurkan sekali

    Suka

  32. dzaky Z berkata:

    Enak make mt25 bro walau dikira bison, tapi sensasi suspensi nya itu lo… motor metic aja kalah enaknya, belum lagi tenaganya…. untuk ukuran motor 250 cc termasuk irit rata2 25 km/ltr, itu belum kalau di pake irit2 an… termasuk minim getaran di rpm rendah dll…

    Suka

  33. waton berkata:

    Ygvkomen Ga moge look dmna?. Jelas2 mogelook…
    Komentar yg absrd..wkwkk..
    Udah prnah liat yg lansung disanding yg vxion/byson pakw headlamp modle z250? Jelas beda…
    Utk skrng yg bsa jd bhan komparasi mt25 aja.. yg suzuki gw250 bagus, tp desain lbih ke orang2 yg udah mapan (klo g mau disebut tua..wkk).
    Suara mt25 lebih keras tp sy pribadi ga suka, bass ga gtu kluar.
    Ngomong2 ane trmsuk yg kcewa ama mt25, udah ditunggu dr blan mei 2015 pngen beli..eh liat langsung desain g jd beli, pdahal mo upgrade dr vxion ane,, akhirny mlah pilih Z250 wrn hijau…. keren banget.
    Performa? Emang mau secepat/sehentak brapa sih klo dpake dijlan raya…
    Handling klo dah lma akan mnyesuaikan, lgian rencana panjang pngen upgrade ke moge bneran, stdidakny xr yg mirip2 moge aja handlingnya/alias yg agak susah..wkkk
    KTM jg prnah jd prtimbngan, tp klo dikota kcil bonyok aj klo ada mslah…wkkk

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)