Kobayogas.com – Hola lads, bukan tanpa alasan jika Ford Ecoboost memenangkan kategori mesin terbaik pada ajang Engine Oscar selama 4 tahun berturut-turut.. Ini dia First Drive Ford Fiesta Ecoboost 1.0!
Ini lah yang membuat KBY begitu penasarannya akan Ford Fiesta Ecoboost ini.. Mesin hanya berkapasitas 1000 cc, silinder cuma 3 tapi ouputnya mencapai 125 PS! Tak hanya itu, dengan downsize engine (mesin yang kapasitasnya lebih kecil) efisiensi bbm diklaim bisa lebih irit sebanyak 20%.
Inilah impian bagi kebanyakan orang, mesin kecil, irit tapi bertenaga! Itu mengapa mesin ecoboost 1.0 ini mampu memenangi ajang International Engine of The Year Award sejak tahun 2012 hingga 2015.. Jadi, bagaimana impresi berkendara bersama Ford Fiesta Ecoboost ini?
DESAIN AGRESIF
Ada yang meragukan keagresifitasan desain bodi Fiesta Ecoboost ini? Kalau iya matanya kudu dicolok garpu hehehe.. Meski desain orisinalitasnya sedikit luntur karena jadi mirip Aston Martin. namun KBY pribadi suka dengan lekukan garis desainnya..
Sayang, desain keren di ekterior mengorbankan kelegaan kabin, masih seperti yang lawas, Fiesta Ecoboost hanya cocok untuk keluarga kecil atau remaja yang sering bepergian tidak lebih dari 5 orang, itu pun jamin di belakang agak sempit kecuali semua penumpang badannya segede mang Nde ndesoedisi.com 😀
Sementara di balik bangku belakang, alias bagasi, Fiesta Ecoboost cukup mampu menampung barang bawaan besar meski belum seluas para rivalnya, namun jika dibandingkan Suzuki Swift?
ERGONOMI MANTAP
Tidak ada yang berubah dari sisi ergonomi pengemudi, masih sama persis dengan Fiesta terdahulu, artinya ya positip. Joknya Fiesta Ecoboost yang semi bucket mampu menopang tubuh dan punggung dengan baik.. Tidak banyak mobil dengan ergonomi pengemudi sebaik ini lads..
Fiesta Ecoboost ini masih menganut rem teromol alias drum di belakang, hmmm dari sisi kepakeman sih tidak meragukan, tapi seperti New Honda Jazz GK5 dan New Honda City yang sama-sama menggunakan rem teromol di belakang, maka dari sisi penampilan menjadi berkurang.
Sementara dari sisi fitur juga masih mirip dengan kakaknya yang lain. Voice command adalah fitur unggulan Fiesta Ecoboost di sini.. Namun Ecoboost sudah tidak menggunakan kunci kontak lagi, alias smart key..
Sayangnya sisi pencahayaan kurang kekinian, lampu depan dengan shape yang agresif masih model diamond cut dengan bohlam konvensional.. lampu rem di belakang pun, Ford enggan memberikan Fiesta Ecoboost dua buah LED…
BOOST YANG MENGHILANG
Fiesta Ecoboost yang KBY tes ini merupakan tipe transmisi manual lads.. nah seharusnya bisa sedikit mengekplorasi performanya, sayang sayang seribu sayang trek yang minim dan saat itu sesak oleh kendaraan lain tak dapat mengeksplorasi tenaganya yang digadang-gadang maknyus… Boost yang menghilang.. KBY kecewa bahkan untuk melakukan akselerasi saja sulit lads…
Tidak banyak yang KBY dapat utarakan dari hasil test drive singkat bersama Fiesta Ecoboost ini, hanya mendapatkan kesan dan posisi mengemudi, serta bantingan suspensi yang lumayan keras namun masih dalam batas toleransi. Transmisi manualnya agak gugup ketika dilepas perlahan, juga terdapat getaran yang lumayan saat stop n go..
HARGA FIESTA ECOBOOST
Hanya tentunya bicara teknologi mesin Fiesta Ecoboost S MT seharga Rp. 240.400.000 ini, mesin Ecoboostnya yang mendapatkan award 4 tahun berturut-turut layak mendapatkan apresiasi.. Oia yang versi AT 6 speed powershift harganya Rp. 250.400.000.
Berikut spesifikasi dari Fiesta Ecoboost 1.0
Fitur Utama
- 5 Door
Engine
- 1.0L EcoBoost
- 998 cc
- 71.9 x 81.9 mm
- 125/6000 ps/rpm
- 170/1400-4500 Nm/rpm
- 195/50 R16 tires
- 16” x 6” Alloy Wheels
- MacPherson Strut with Stabilizer suspension
Configuration
- SYNC
- EcoMode
Power Features
- Power-adjust Exterior Mirrors
- Power Windows with One-Touch Up/Down Driver
- Central Locking Power Door Lock
Safety and Security
- Driver and Passenger SRS Airbag
- ABS with EBD, Electronic Stability Control, Hill Launch Assist
- Engine Immobiliser
- Smart Keyless Entry with Push Button Start
- Remote Keyless Entry System
- Rear Parking Sensors
Transmission
- PowerShift 6-Speed Automatic with Select Shift
Baca juga artikel lainnya lads…
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog
Semoga besok bisa punya…
Yang menarik dari MotGP Aragon 2015: http://wp.me/p1eQhG-1nw
SukaSuka
foto panningnnya mana nih?
http://monkeymotoblog.com/2015/09/honda-sonic-yang-laris-ternyata-warna-pink-keungu-unguan-itu-sob/
SukaSuka
ada belum gw post… tak sehebat elu punya hahaha
SukaSuka
Saya sbnre nyidam sama mobil ini mas (sejak lama) tp kabin sempit nya itu yg bikin saya berpikir ulang dan harga yg sdkt overprice, mnrt saya, d rentang harga segitu saya lebih pilih livina yg kenyamanannya mirip sedan
SukaSuka
kalau daya angkut sudah jadi prioritas ya gimana, coret yang sempit sempit hehe
SukaSuka
bahh livina
penyakit kok dipiara
mending ertiga ketauan, row 3 lipat ja klo ga dipake
😀 😀
harga overprice? turbo + dual clucth + fitur lebih banyak dr jazz, yaris bahkan livina di bilang overprice?
set dahhhhhh
😀 😀
SukaSuka
Lipinyah karena beliau ngincer space… Kalau penyakit gak tau apa yg belakangan ini dah dibener2in keluhannya wkwkwkk…
Btw NFB itu ultras loh FBnya… Ngemeng cacat dikit banned wakakkakaakak
SukaSuka
Overprice harga tak sesuai body maksudnya? kalau butuhnya daya angkut ya gapapa disebut overprice toh kan suka2 yg punya duit dan beli.
Btw mobil2 bersuspensi double wishbone pada kemana ya? MacPerson strut semua sekarang….pake 20-30rb km sudah mulai dah gluduk2 bunyinya.
SukaSuka
bring double wishbone back!!
SukaSuka
Yang baru ada warna merahnya ga yaa?
keren banget lihat model lama yg warna merah
#Ngeceeessshhhh
SukaSuka
kayaknya ada deh
SukaSuka
dibanding mazda2,mana yg lebih WTB mang…masih nimbang2 nih diharga sgitu
SukaSuka
22 nya driving oriented, tp gue lebih suka fiesta karena ada turbo
mazda 2 keren di bagian dashboard, ga kyak di fiesta yg ribet kebanyakan tombol
22nya sempit, tp sempit mazda 2
klo situ suka yg dashboard model simple, mau dapet banyak cewe ambil mazda 2
klo suka ngirit bensin, suka ngebut, bagasi agak luas ambil fiesta
cmiww
SukaSuka
harganya nampol, gw seneng nie mobil dah lama. cuma kendala dana aja sih wakakakakaka
ambil datsun go ae lah
SukaSuka
Rentang harga sama condong ke Fiesta… M2 yg versi bagus dan mewah mahaaaalll…
SukaSuka
Tapi tetep terngiang2 rasa mengendarai mazda2 oi. Tenaga sih lebih kecil dari jazz, tapi rasanya kl dibawa kok lebih bertenaga ya?
Plus lincah dan responsivenya, sayang harus dijual buat renov rumah.
SukaSuka
karena dia lebih ringan bodinya, plus transmisi skyactivenya memang sigap..
nanti ada gantinya, keluarga dulu lah ya
SukaSuka
gw di pihak mazda
build quality beuhhhhh….ngeropah
handling boleh diadu
fun to drive mantappp
space persetan ngoahahahaha
MZD connect i-drive hemat yang bagusss….
oke mesin kalah….itu doang
SukaSuka
kimcil mane kimcill
muahahahahaha
sayang SCBS nya kacau balau
gue ngetes gagal molo always nabrak
😀 😀
SukaSuka
grill dpan kecilin dkit aston martin jdnya,
SukaSuka
om, bukannya 1000 cc plus turbo yah..
SukaSuka
Iya makanya namanya ecoboost… Boost = turbo
SukaSuka
Kpn bisa beli
SukaSuka
sayang om trek pendek
klo di tol enak loh om bunyi nya
cussssssss
#sayasukaturbo
SukaSuka
Kalau gak rame paling gak boostnya bisa dpt…:(
SukaSuka
Kalo di belakang mobil ini,yg ada di pikiran ane..
Kayak sales produk yg taglinenya =
“Remember,safety can be fun”..
SukaSuka
😀
SukaSuka
aduhai memang teknologonya. bahannya juga sih mahal. plus formula alias ulikannya josss punya. tapi sedikit tercedarai oleh tampang mirip aston martin. sayang itu tampang sudah ketinggalan. kan yang sekarang tampang mata sedih.
SukaSuka
Mangapppp
SukaSuka
Om ini overatroke atau nearlysquare?? Aku masih bingung soalnya sama yg begituan. Mohon pencerahannya om. Makasih
SukaSuka
bore x stroke = borenya 71.9 x Strokenya 81.9 mm.. jadi long stroke alias over stroke…
bore = lingkaran/ diameter piston (sederhananya besarnya piston)
stroke: langkah kerja piston atau panjangnya piston..
SukaSuka
Torsinya nampol banget nih mobil, hampir serasa bawa diesel pas rpm rendah. Trus sensasi dualclutchnya mantep banget lagi
Tp sayang ya tombol shiftingnya kurang ergonomis & dealer ford di daerah ane servicenya ancur”an & biaya jasanya gak sesuai sm harganya jadinya males beli nih mobil..
SukaSuka
omm, kenapa pabrikan mobil ngk bkin engine 1000 cc, tpi power setra superbike 1000 cc.. ?..
1000 cc = 180 hp gitu…
SukaSuka
pertanyaan yang bagus yang saya gak bisa jawab wkwkwkwkwk
SukaSuka
Hehehehe trus rpm-nya sama dengan superbike?
Torsi juga di rpm atas kaya superbike? Narik bobot hampir 2 ton?
Lepas kopling di rpm 8000 biar ban depan ngangkat? ….. semua sudah ada peruntukannya mesin motor/mobil/kapal dsb itu sudah melewati trial error puluhan tahun, dan didapat resep idealnya seperti itu.
SukaSuka
lu dorong mobil biar mau nanjak. wkwkwkwkw.
mobil itu fokus nya ke torsi bukan power. superbike dikasih bobot 2 ton emang bakal lari? KAGAK… protol iye mesinnya.
SukaSuka
naahhhhh
SukaSuka
Menarik dan keren.. Tapi masi stick to the japanese ah..
SukaSuka
cieee ipaannn
SukaSuka
Apaan cie cie
SukaSuka
pengen cie cie aje
SukaSuka
Bisa buat jomblo cari pacar mang ..ahaay..
SukaSuka
cieeeee
SukaSuka
Mau mobil mau motor, kalo produk global dengan award kelas internasional dgn harga murah dijamin gak laku disini. (bajaj pulsar, ford fiesta eco,chevy orlando, dll).
Beda, sblm tahun 2000 org beli kendaraan buat dipake, setelah 2000 org beli buat dijual lagi 🙂
SukaSuka
dual clutch dry clutch system…..10 tahun maksimum umurnya..di macet jakarta langsung jatoh ke 3 tahun wkwkwkw
SukaSuka
Mo Naik Kelas lg Bang Kobay…..???? Jooooossss….!!! dari Tes, terus Tiiisss…..
SukaSuka
Kang, itu kan turbo yah, buat dibawa pelan2 berasa nge-lag banget nggak sih?
SukaSuka
gak kok, wong aktif juga gak pas ay tes hahaha
SukaSuka
Klo gtu msh worthed mazda 2 dong.
Semua kelas, dapat cakram belakang, mek.
Yg middle smpe up, ada DRL.
Kurang keren apalagi coba..
SukaSuka
yeeeaappp….kalau sisi itu dihitung juga
SukaSuka
Fiesta berlimpah fiturnya
SukaSuka
kurang om… eh tapi yang matic lengkap juga sih
SukaSuka
nah ini akhirnya muncul juga, sempet bingung milih hatchback, bosen sama yg Jepang, btw Fiesta ecoboost dibanding saingan jepangnya worthed ga buat harga segitu? 😀
SukaSuka
Cukup
SukaSuka
singkat padat kurang jelas 😀
SukaSuka
Kalau ga cukup ambil sciroco hehehehehe
SukaSuka
Mending scirocco kemana mana hahaha
SukaSuka
om, kalo di banding eart dream gmn om?
SukaSuka
sementara saya masih suka n/a alias naturally aspirated (non turbo) jadi saya lebih suka earth dream
SukaSuka
ford fiesta ecoboost masih ada campur tangan dg yamaha gak?
SukaSuka
Wah ga tau, emang ada kah? Kalau iya saya yg kelewat infonya
SukaSuka
ga ada infonya yang kayak gitu…..
yamaha deketnya ama yoyota bikin 2jz, 4a ge dan LFA
SukaSuka
kan cuma tanya & manasin fbh r2 …. wkkkk
SukaSuka
Ping balik: First Drive: Isuzu MU-X – SUV 7 Seater Lompatan Jauh Dari Panther | KobaYogas.COM
Ping balik: Setelah Chevrolet Kini Ford Motor Indonesia Menyerah Dan Menarik Diri Dari Indonesia? | KobaYogas.COM
Ping balik: Test Drive: Review Ford Fiesta S 1600 cc DCT 2013, Andalan Ford Di Kelas Kejam | KobaYogas.COM